Aneka Ragam

5 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kopi merupakan tanaman yang bijinya dimanfaatkan untuk bahan minuman atau makanan. Meski pengonsumsiannya sering dihindari karena dapat membahayakan tubuh, berbagai nutrisi pada tanaman ini justru baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, lho.

Tak heran jika banyak produsen yang membuat dan menjual produk perawatan kulit berbahan utama kopi. Pasalnya, menurut alodokter dan sehatq masker kopi dapat memberikan 5 manfaat ini bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kopi yang paling dikenal adalah mampu mengangkat sel kulit mati. Butiran kopi akan mengeluarkan kotoran yang tersumbat di pori-pori serta menstimulasi sirkulasi darah dari kulit bagian bawah.

Menjadikan kopi sebagai bahan eksfoliasi juga baik untuk mengurangi produksi minyak berlebih sehingga kulit menjadi lebih segar. Kemudian, dapat menghaluskan kulit, memudarkan bintik hitam, serta mengurangi hiperpigmentasi.

2. Mencegah Gejala Penuaan Dini

Kulit yang terkena radikal bebas berlebih cenderung cepat menua. Beberapa tandanya adalah kusam, muncul keriput, serta terasa kendur. Nah, kopi disebut bisa mengatasi masalah ini karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan dapat melindungi kulit, menghambat penurunan kadar kolagen, serta meningkatkan jumlah elastin. Dengan begitu kulit akan terhindar dari berbagai gejala penuaan dini sehingga menjadi semakin kencang dan terlihat lebih awet muda.

3. Menenangkan Kulit Iritasi

Iritasi biasanya disebabkan oleh ketidakcocokan dalam penggunaan produk. Misal, karena kandungan atau memang sudah lewat tanggal batas pakai. Kulit kemudian menjadi kemerahan, terasa panas, dan seringkali gatal.

Kopi diketahui mampu menenangkan kulit iritasi berkat kandungan antioksidannya. Dengan begitu, masalah tersebut bisa segera teratasi dan kulitmu kembali sehat dan pastinya dapat menunjang rasa percaya diri yang sempat hilang.

BACA JUGA  4 Bentuk Perhatian yang Membuat Pasangan Merasa Risih, Lebih Baik Hindari

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Menurut sebuah penelitian, bubuk kopi mampu melindungi kulit dari kerusakan terutama yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Dimana akan berisiko membuat kulitmu menjadi lebih gelap dan tampak kusam.

Pakai bubuk kopi sebagai masker secara rutin guna mengatasi masalah tersebut. Namun, kamu disarankan untuk tetap menggunakan tabir surya, terlebih saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit selalu terlindungi.

5. Merawat Kulit Berjerawat

Kopi diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu merawat kulit berjerawat. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi munculnya peradangan tersebut. Nah, rutin menggunakan bubuk kopi sebagai masker akan membuat kulitmu tampak lebih sehat.

Itulah lima manfaat kopi dalam bentuk masker yang baik bagi kesehatan kulit. Apakah kamu pernah atau bahkan sering menggunakannya?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/