Inspirasi

5 Tips Meredam Pertengkaran dalam Pernikahan, Rumah Tangga Jadi Damai!

Pertengkaran dalam rumah tangga memang selalu ada dan tak bisa dihindari. Hanya saja, terlalu sering bertengkar bisa menandakan hubungan pernikahan yang enggak sehat, lho!

Untuk meredam pertengkaran, sehingga rumah tangga jadi lebih damai, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Apa saja itu? Mari simak ulasannya lebih lanjut!

1. Menerima kekurangan pasangan

Rumah tangga akan sulit berjalan harmonis apabila kamu memiliki ekspektasi terlalu tinggi bahwa pasanganmu itu sempurna. Cobalah untuk bisa menerima kekurangan pasangan. Dengan demikian, enggak semua hal remeh yang berbeda denganmu dijadikan bahan pertengkaran.

Kamu perlu melatih diri untuk bisa bersikap toleran dan memilah mana perbedaan yang layak dicari jalan kompromi, dan mana yang sebaiknya dibiarkan saja. Jika ini sudah bisa dilakukan, maka rumah tangga pasti akan lebih adem.

2. Menjaga pertengkaran tetap konstruktif

Tips lainnya supaya rumah tanggamu bisa damai, yakni menjaga agar pertengkaran tetap konstruktif. Sekalipun bertengkar, kalian tetap menjaga batasan untuk tidak melakukan perbuatan yang kemudian disesali. Misalnya, berkata-kata kasar dan termasuk verbal abuse, atau parahnya melakukan tindak kekerasan fisik.

3. Meningkatkan kualitas interaksi berdua

Seringnya pertengkaran bisa disebabkan kamu dan pasangan sudah tak lagi dekat layaknya dulu baru jatuh cinta. Hal ini dapat diakibatkan kurangnya frekuensi quality time ataupun kualitas interaksi berdua kalian kurang.

Untuk mengatasinya, coba lebih banyak luangkan waktu berdua. Atau, pastikan waktu bercengkrama memang benar-benar berkualitas. Ini misalnya dilakukan dengan menghindari gadget saat di rumah. 

4. Berusaha memahami pasangan

Langkah lain yang penting untuk meredam pertengkaran dalam rumah tangga, yakni empati. Cobalah berusaha memahami pasangan, jangan mengedepankan ego diri. Dengan memahami pasangan, setidaknya kamu lebih mengerti sudut pandangnya yang berbeda, sehingga enggak perlu sampai berakhir dengan percekcokan.

BACA JUGA  13 Aksi Lucu dan Konyol Para Bocah yang Tertangkap Kamera

5. Budayakan apresiasi

Hal lain yang dapat menyebabkan kalian mudah tersulut amarah adalah minimnya apresiasi. Oleh karena itu, biasakan mengucap terima kasih pada pasangan. Jangan dengan orang lain kamu santun, sama pasangan sendiri enggak bisa menghargainya.

Itulah lima tips meredam pertengkaran dalam rumah tangga. Pertengkaran memang tak bisa dihindari dalam sebuah pernikahan. Akan tetapi, kehadirannya bisa diminimalkan sehingga rumah tangga pun damai. Pastinya itu yang kamu mau, bukan?



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/