Inspirasi

8 Cara Merawat Otak, Salah Satunya dengan Teh Hangat

Otak merupakan pusat kendali gerak tubuh manusia. Sebagai pusat kendali, keberadaan otak tentu harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya wajah dan kulit saja yang perlu dipikirkan perawatannya, namun otak juga perlu dipikirkan untuk dijaga dan dirawat.

Sebagaimana menjaga kesehatan tubuh, kita juga harus selalu berusaha untuk menjaga kesehatan otak. 

Berikut delapan cara merawat otak sebagaimana yang disadur dari buku Trik Mempertajam Daya Ingat tulisan Nurla Isna Aunillah:

1. Memenuhi kebutuhan omega 3

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Begitu pula dengan otak. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan otak adalah omega 3. Omega 3 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak.

Menurut Chairinniza, otak kita memerlukan omega 3 karena 40% asam lemak yang terdapat pada otak manusia terdiri dari asam lemak omega 3, sehingga omega 3 tersebut sangat penting bagi sel-sel otak.

2. Teh hangat

Sebagian para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi teh di pagi dan malam hari untuk menjaga dan merawat otak kita. Selain dapat meningkatkan fungsi otak, teh hangat juga diyakini dapat memberikan ketersediaan oksigen ke otak melalui transmisi saraf dan bermanfaat melancarkan darah. Dalam mengonsumsi teh ini, disarankan adalah teh hangat, bukan es teh.

3. Mengonsumsi kunyit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah pembentukan tumor. Jika kita ingin memiliki otak yang sehat dan steril dari serangan virus yang dapat mengancam fungsi otak, maka jangan segan-segan untuk mengonsumsi kunyit. Kita boleh mengonsumsi kunyit dengan cara diramu menjadi minuman atau bisa juga dengan menjadikannya bumbu dari setiap masakan yang kita santap setiap hari.

4. Mengonsumsi kacang-kacangan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja memori atau otak adalah dengan rajin mengonsumsi kacang-kacangan.

BACA JUGA  Tak Hanya Suriname, Jejak Orang Jawa Juga Ada di Kaledonia Baru

Lorraine Perretta dalam bukunya mengatakan bahwa kacang-kacangan atau biji-bijian merupakan jenis makanan yang kaya dengan aneka zat gizi yang berguna untuk otak. Kacang-kacangan atau biji-bijian merupakan sumber protein, mineral, dan asam lemak omega 6.

5. Minum air putih

Bila selama ini kita sering minum minuman instan, segera beralih ke air putih jika kita ingin memiliki otak yang sehat. Perlu diketahui bahwa otak manusia 80% terdiri dari air. Maka, cukup beralasan jika kita ingin memaksimalkan dan membuat sehat otak, rajin-rajinlah mengonsumsi air putih. 

Tubuh yang kekurangan air putih bukan sekadar menyebabkan tubuh menjadi lemas. Namun, dapat pula menyebabkan beberapa masalah pada otak, seperti pusing dan sakit kepala.

6. Istirahat yang cukup

Manfaat istirahat bukan hanya dirasakan oleh tubuh, tapi yang terpenting adalah dengan istirahat yang cukup, otak kita akan ikut menjadi sehat. 

Menurut Abdul Basit, kebutuhan manusia pada istirahat sama pentingnya dengan kebutuhan manusia terhadap makan dan minum. Sebab, dengan istirahat, kita sebenarnya sedang mengistirahatkan saraf yang telah bekerja maksimal ketika kita sedang terjaga. Termasuk juga otak yang dibebani berbagai macam persoalan.

7. Rajin olahraga

Jika kita bisa melakukan olahraga selama 10 menit secara teratur setiap pagi, hal itu akan memberikan dampak positif bagi otak. Dengan olahraga, mental kita menjadi lebih sehat, pikiran lebih jernih, serta dapat mengurangi stres.

8. Mencari hiburan

Mencari hiburan atau berlibur bersama keluarga dapat dilakukan untuk merawat kesehatan otak. Di saat seperti itu, otak kita yang semula tegang karena pekerjaan misalnya, maka dengan berlibur akan kembali menjadi tenang, sehingga otak akan menciptakan keseimbangan dalam dirinya.

Inilah delapan cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan otak. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA  Sepak Takraw: Sejarah, Ukurang Lapangan, Aturan Main, dan Istilah Penting



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/