Inspirasi

Jangan Takut, Ini 3 Manfaat Memelihara Anjing di Rumah

Anjing merupakan salah satu hewan favorit untuk dipelihara di rumah. Bentuknya yang beragam dapat disesuaikan dengan karakter atau kesukaan dari pemiliknya. Ada yang besar dan gagah. Ada pula yang kecil dan lucu. Calon pemilik tinggal memilih jenis anjing sesuai keinginannya.

Selain itu, ternyata memelihara anjing di rumah memiliki beberapa manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini adalah 3 manfaat memelihara anjing di rumah.

1. Rumah Terjaga

Sudah bukan menjadi barang aneh jika anjing dijadikan penjaga rumah. Kecerdasan yang dimiliki anjing membuatnya dapat  mengenal orang yang akan datang ke rumah, jika orang tersebut asing, ia akan menggonggong untuk memberi peringatan sekaligus memberi tahu pemiliknya bahwa ada orang asing. Hal ini dapat mencegah tindak kejahatan terjadi di rumah kita.

2. Ada Teman Bermain

Anjing terkenal sebagai hewan yang memiliki kecerdasan tinggi. Jika rajin dilatih, anjing peliharaan dapat melakukan banyak hal. Bahkan, anjing dapat mengerti apa yang diucapkan atau diperintahkan oleh manusia terutama oleh pemiliknya. Bahkan, tidak jarang anjing dapat merasakan kondisi hati yang sedang dirasakan oleh pemiliknya. Hal tersebut membuat si anjing dapat berempati terhadap pemiliknya.

Kecerdasan yang dimiliki anjing membuatnya dapat diajak menjadi teman bermain. Baik itu bermain di dalam rumah, di halaman rumah, bahkan bisa diajak berjalan-jalan dan bermain-main di tempat umum.

3. Melatih Kedisiplinan

Memelihara hewan termasuk anjing di rumah mengharuskan kita untuk disiplin, mulai dari jadwal memberi makan, jadwal membersihkan, dan lain sebagainya. Kita tidak boleh abai atau menyepelekan hal tersebut. Jika diabaikan, dapat berakibat buruk pada anjing bahkan pemiliknya.

Selain itu, kecerdasan anjing membuatnya dapat mengingatkan pemiliknya untuk melakukan sesuatu. Misalnya mengambil tas sebagai bentuk kode untuk segera berangkat bekerja, dan lain sebagainya. Pendek kata, anjing dapat menjadi alarm saat pemiliknya sedang bermalas-malasan.

BACA JUGA  Laksamana Malahayati, Wanita Aceh yang Membuat Inggris Takut Bertempur

Demikianlah 3 manfaat memelihara anjing di rumah. Apakah kamu tertarik mencobanya? Jangan lupa sayangi dan rawat anjingmu dengan baik, ya. Karena kalau tidak dirawat dengan baik, kita tidak akan mendapat manfaat tersebut, justru dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/