Inspirasi

4 Alasan Kenapa Harus Memberi Batasan dalam Melakukan Hobi

Hobi merupakan hal yang penting untuk mempunyai sarana pengembangan diri dan menambah teman baru. Bukan hanya itu saja, untuk melepas penat sehabis melewati rutinitas sehari-hari.

Namun sayangnya, kalau terlanjur terlalu bebas melakukan hobi tanpa memiliki batasan yang jelas justru bisa memberikan dampak buruk pada kehidupanmu. Maka dari itu, berikut ini beberapa alasan yang wajib kamu pahami.

1. Waktu adalah uang

Menjalankan hobi ketika memiliki waktu luang memang sangat menyenangkan. Namun, kamu perlu mengingat kata pepatah bahwa waktu adalah uang. Artinya, masa depanmu akan ditentukan bagaimana caramu untuk memanfaatkan waktu selama hidup di dunia.

Maka dari itu, kamu perlu memberikan batasan untuk melakukan hobi secukupnya saja. Jangan sampai justru kamu mengabaikan urusan yang lebih penting, misalnya saja urusan pekerjaan atau sekolah.

2. Menjauhkanmu dari perilaku boros

Kenyataannya, banyak hobi yang justru bisa menimbulkan perilaku boros, lho. Sebab, akan ada beragam kebutuhan yang mesti dipenuhi dalam hobi yang kamu suka.

Jangan sampai justru menghambur-hamburkan uang ketika kondisi ekonomimu sedang sulit. Terlebih lagi, untuk demi menunjang hobimu sampai berani berhutang.

3. Menghindari diri dari kemalasan

Masih banyak orang yang belum tahu bahwa hobi ternyata justru mendekatkan diri dari perilaku malas. Bagaimanapun juga, terlalu banyak menghabiskan waktu melakukan hobi meskipun positif malah akan memberikan kebiasaan buruk.

Misalnya saja menunda-nunda pekerjaan, atau bahkan melarikan diri dari tanggung jawab. Maka dari itu, pentingnya memberi batasan biar kamu tidak terlena melakoni hobi secara berlebihan dalam waktu tertentu.

4. Menjaga fokus pada rencana masa depan

Kalau sudah terlena dan asyik melakukan hobi, terkadang kita suka lupa tentang rencana apa yang ingin dicapai untuk masa depan. Walaupun kita memang perlu menikmati hidup, namun jangan sampai hobimu justru menghambat masa depanmu.

BACA JUGA  10 Kreasi Tas Belanja Lipat Ramah Lingkungan untuk Kurangi Penggunaan Plastik

Salah satu langkah yang tepat untuk bisa membuat batasan dengan hobimu adalah menurunkan intensitas untuk kegiatan hobi dan gunakan waktu lebihmu untuk merencanakan masa depanmu. Bagaimanapun juga, kamu perlu mempersiapkan masa depan yang lebih baik, lho.

Melakukan hobi memang bisa melepaskan penat, pengembangan diri, hingga memperoleh penghasilan tambahan. Namun disi lain, akan berdampak buruk bila dilakukan secara berlebihan. Maka dari itu, kamu perlu membuat batasan biar tidak mengabaikan kepentingan lainnya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/