Inspirasi

4 Alasan Penting Sebaiknya Kamu Perlu Ikut Organisasi selama Sekolah

Memang kita perlu membangun relasi dengan teman-teman sebaya ketika masih sekolah. Sebenarnya, ada hal lainnya yang perlu dilakukan selain menambah pertemanan di sekolah, yaitu mengikuti kegiatan organisasi.

Walaupun mengikuti organisasi bukanlah penilaian wajib, namun justru berguna untuk kehidupan ke depannya. Maka dari itu, berikut ini beberapa alasan penting sebaiknya kamu perlu ikut organisasi selama sekolah.

1. Keperluan untuk pendaftaran beasiswa

Mungkin kamu awalnya beranggapan untuk mendaftar suatu beasiswa hanya cukup memiliki kepintaran dan mendapatkan juara satu saja, sebenarnya bukan itu saja yang diperlukan. Kamu wajib tahu, biasanya pengalaman berorganisasi merupakan nilai tambah atau syarat ketika ingin mendaftar beasiswa.

Beasiswa memang kesempatan bagus untuk bisa meringankan biaya selama sekolah. Maka dari itu, terkadang justru pengalaman organisasi perlu dicantumkan untuk memperbesar peluang memperoleh beasiswa.

2. Belajar bekerjasama di dalam sebuah tim

Saat bergabung ke dalam organisasi secara tidak langsung untuk melatihmu agar bisa bekerja dengan sebuah grup. Ketika setelah lulus nanti akan bekerja, kemampuan berorganisasi sangat diperlukan.

Bisa diibaratkan bahwa kegiatan organisasi di sekolah merupakan simulasi sebelum kamu masuk ke dalam dunia kerja. Terlebih lagi, pengalamanmu tersebut akan membantu untuk bisa menangani beragam situasi ketika kerja nanti.

3. Membangun relasi dengan banyak orang

Ketika sudah masuk ke dalam suatu organisasi, maka akan terjadi sosialisasi dengan orang lain. Di sinilah tempatmu menemukan lingkungan baru untuk saling berbagi ilmu dan berjuang mencapai target bersama-sama.

Kalau mau memperluas wawasanmu, maka kamu bisa melihat bagaimana para seniormu melakukan aktivitasnya. Sehingga, pikiranmu bisa terbuka dan menemukan ilmu baru lagi dari mereka.

4. Meningkatkan kemampuan nonteknis

Terkadang kalau sudah mengikuti organisasi bisa melatih keterampilan nonteknis. Misalnya saja dalam bersikap hingga mampu berpikir kritis. Hal ini sangatlah membantumu untuk bisa lebih open minded ketika sedang belajar di kelas.

BACA JUGA  Cantik dan Berkilau, 10 Bunga yang Terjebak dalam Kebekuan Es

Bukan hanya itu saja, kamu nanti sudah memiliki dasar soft skill yang baik untuk bisa digunakan ketika suatu saat bekerja nanti. Jadi, akan mempermudahmu dalam meningkatkan performa kerja.

Jadi, pengetahuan ilmu selama sekolah memang sangat diperlukan. Terlebih lagi, bergabung ke dalam organisasi yang bisa bermanfaat seperti keempat poin di atas. Maka dari itu, jangan ragu untuk gabung organisasi sekolahmu, ya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/