Aneka Ragam

5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Digoreng Menggunakan Air Fryer

Sebelum Anda mengikuti tren, pastikan Anda memahami makanan yang tidak boleh digoreng pakai air fryer satu ini. Anda dapat menggoreng hampir semua makanan hari ini. Air fryer dapat meniru hasil penggorengan dengan teknik udara panas yang intens dan hanya memerlukan sedikit minyak. Dengan alternatif yang lebih sehat ini, makanan renyah bisa dibuat sendiri di rumah dan praktis. 

Sebelum Anda mulai memasak dengan air fryer, lihat makanan mana yang tidak cocok untuk dimasukkan ke dalamnya. Merangkum dari laman Reader’s Digest, Jumat (11/2/2022), berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Battered Foods (adonan basah)

Anda sebaiknya tidak memasukkan adonan basah yang akan diolah ke dalam air fryer, kecuali jika sebelumnya sudah dibekukan. Selain kekacauan yang akan ditimbulkannya, adonan basah tidak akan mengeras seperti saat digoreng dalam minyak, yang berarti makanan tidak akan renyah.

Jika Anda ingin menambahkan sedikit kerenyahan pada makanan, lumuri tepung, telur, dan tepung roti. Jangan lewatkan trik sederhana ini untuk mendapatkan makanan golden brown di air fryer setiap saat.

2. Sayuran segar

Sayuran hijau seperti bayam akan matang tidak merata karena kecepatan udara yang tinggi. Saat memilih sayuran untuk dimasak di alat air fryer, pastikan sayuran memiliki bobot seperti brokoli atau zucchini. Keripik kale juga bisa berhasil jika dilapisi dengan minyak yang cukup untuk menimbangnya. Pada akhirnya, sayuran beku adalah makanan yang bisa diolah dalam air fryer karena mempertahankan lebih banyak kelembapan dari es.

3. Whole roast (Panggang utuh)

Masalah yang jelas adalah apakah seluruh daging panggang akan masuk dengan benar ke dalam alas air fryer atau tidak. Cara terbaik untuk memanggang adalah tetap menggunakan oven biasa.

BACA JUGA  3 Alasan Seseorang Kembali Setelah Menyakiti, Pasanganmu Salah Satunya?

Karena udara panas membutuhkan ruang untuk bersirkulasi dengan tepat, metode yang paling berhasil menggunakan air fryer adalah memasak daging panggang dalam potongan yang lebih kecil. Jika memasak ayam, pastikan dada menghadap ke bawah dengan kulit menghadap ke atas karena air fryer panas dari atas.

4. Keju

Siapa yang tidak suka langsung membuat keju untuk camilan? Karena air fryer tidak benar-benar “menggoreng” makanan, menempatkan keju tanpa semacam lapisan di dalamnya hanya akan melelehkan keju menjadi genangan air dan membuat kekacauan.

Ini juga berlaku untuk keju panggang, yang kemungkinan akan gosong dalam air fryer di bawah tekanan kuat dari udara panas. Tetap berpegang pada kompor untuk mengolah keju.

5. Biji-bijian mentah

Biji-bijian seperti nasi dan pasta dapat menjadi renyah dengan baik di air fryer, tetapi harus dimasak di atas kompor terlebih dahulu. Air fryer dimaksudkan untuk mengeringkan makanan, jadi mencoba memasak sesuatu yang awalnya perlu direndam dalam air, tidak akan berhasil. Jika Anda memaksakan, kipas dalam alat ini tidak akan cukup panas untuk merebus air dan memasak biji-bijian dengan sempurna.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/