Aneka Ragam

Nilai Pasar YG Entertainment Naik Drastis Setelah Kabar Comeback BIGBANG Muncul

Koreaboo melansir pada 7 februari 2022, YG entertainment membuat pengumuman menarik bahwa BIGBANG akan membuat comeback yang sangat ditunggu-tunggu pada musim semi mendatang. Sejak berita tersebut dipublikasikan, pihak agensi telah melihat peningkatan dalam nilai pasar perusahaan mereka yang sempat menimbulkan pertanyaan, apakah dengan kembalinya BIGBANG akan menempatkan kembali YG Entertainment menjadi sorotan ‘Big 3’?

Sebagai istilah umum yang terkenal dalam industri hiburan Korea, ‘Big 3’ menunjukkan tiga agensi hiburan teratas di negara tersebut. Selama bertahun-tahun selalu terjadi persaingan antara SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment, namun mengingat popularitas dan pengaruh BIGBANG yang terus berlanjut saat itu, YG Entertainment selalu menjadi teratas di antara dua pesaing mereka yang lain.

Sementara pengaruh boy grup yang tetap kuat seperti sebelumnya, dengan promosi mereka yang melambat dan keadaan kontroversial lainnya, YG Entertainment harus berjuang untuk nilai pasar perusahaan mereka. Menyusul hiatusnya BIGBANG pada tahun 2018, YG Entertainment disaingi oleh HYBE Labels (sebelumnya Big Hit Entertainment) yang nilainya meroket mengikuti kesuksesan global BTS, dan YG menjadi peringkat keempat.

Menurut Media Us, HYBE Labels memiliki kapitalisasi pasar senilai 10,7 triliun KRW (sekitar $8,92 miliar USD), SM Entertainment 1,63 triliun KRW (sekitar $1,36 miliar USD), dan JYP Entertainment 1,58 triliun KRW (sekitar $1,32 miliar USD). Untuk pertama kalinya, YG Entertainment tidak berada di dekat kapitalisasi pasar triliun won atau di ‘Big 3’.

Selama beberapa tahun terakhir selama BIGBANG hiatus mendadak, kapitalisasi pasar YG Entertainment mulai menurun dengan cepat. Meskipun memiliki grup idola lain, seperti TREASURE, iKON, WINNER, dan BLACKPINK, jumlah yang dilaporkan membuktikan bahwa grup muda YG Entertainment bukanlah tandingan boy grup global selama masanya.

BACA JUGA  Daftar Film yang Dibintangi Ge Pamungkas & Anastasia Herzigova yang Harus Kamu Tonton

Namun, dengan berita baru tentang comeback BIGBANG, semuanya mulai berubah. YG Entertainment mulai melihat kapitalisasi pasar mereka mencapai 1,00 triliun KRW (sekitar $834 juta USD), hanya dalam beberapa hari. 

Saat ini, masih sebuah awal dari apa yang akan terjadi dan tidak ada yang pasti, peningkatan kapitalisasi pasar YG Entertainment baru-baru ini setelah kabar berita comeback BIGBANG membuktikan bahwa, terlepas dari semua pasang susut yang mereka hadapi, mereka masih memiliki pengaruh dalam industri musik Korea.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/