Aneka Ragam

Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan Tubuh

Sejak ribuan tahun silam, manfat teh chamomile sudah dikenal baik bagi kesehatan. Teh chamomile ini terbuat dari ekstrak bunga tanaman bernama chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari negara Eropa. Teh jenis ini termasuk dalam teh yang bebas kafein dan cukup populer serta banyak diminati. Bukan hanya karena aromanya yang harum dan bercita rasa manis, tetapi teh chamomile juga memberikan banyak manfat bagi kesehatan tubuh.

Diduga berbagai manfaat dari teh chamomile ini diperoleh dari kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya, seperti bisabolol, azolin, luteolin, dan apigenin. Karena berbagai kandungan inilah teh chamomile mempunyai khasiat sebagai antimikroba, antiradang, antioksidan, dan antikanker. Berikut ini beberapa manfaat dari teh chamomile bagi kesehatan yang disadur dari Alodokter. 

1. Meredakan Gejala Flu

Pada umumnya berbagai gejala flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat, dan demam, bisa membuat kamu merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas harian atau bahkan tidur. Agar gejala tersebut bisa mereda, kamu dapat mencoba minum seduhan teh chamomile hangat. Adanya khasiat antiradang pada teh chamomile ini mampu membantu mengurangi gejalanya dan mendukung proses pemulihan saat kamu terkena flu.

2. Meredakan Rasa Nyeri saat Menstruasi

Teh chamomile juga sering kali digunakan untuk meredakan dan mengurangi gejala nyeri menstruasi, termasuk kram pada perut. Selain itu beberapa penelitian juga mengatakan bahwa dengan minum teh chamomile ini dapat membantu mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi. Kamu bisa mendapatkan kedua  manfaat tersebut berkat kandungan azolin yang mempunyai peranan sebagai antiradang serta antinyeri alami, dan kandungan bisabolol yang bisa memberikan efek menenangkan.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teh chamomile juga diketahui mempunyai kandungan zat yang bersifat antikanker dan juga antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker saluran pencernaan, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker tiroid, dan kanker rahim. Akan tetapi, manfaat teh chamomile tersebut belum bisa menggantikan pengobatan kanker yang dilakukan secara medis, seperti operasi ataupun kemoterapi. Sampai saat ini, manfaat teh chamomile untuk menghambat pertumbuhan kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA  "Stay Alive" Jungkook (Prod. SUGA) Capai 4,27 Juta Streaming di Spotify!

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain menyegarkan, teh chamomile juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah pencernaan, terutama sakit maag, diare, dan mual. Manfaat ini diduga berasal dari adanya efek antiradang di dalamnya yang mampu mengurangi keasaam di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Teh chamomile juga dapat membantu menenangkan perut serta merelaksasi otot pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat mual.

Demikianlah beberapa manfaat teh chamomile untuk kesehatan tubuh. Meskipun umumnya aman dikonsumsi, tetapi pada beberapa kondisi kamu diharuskan untuk berhati-hati dalam meminum teh chamomile.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
/